Senin, 27 Mei 2013

Perbedaan dunia Entertainment di Korea Selatan dan di Indonesia.

Sekarang, sedang gila-gilaan dunia demam K-Pop, dan K-Drama.                                                                                                           
Ya, Tidak dapat dipungkiri, Korea Selatan sekarang menjadi Negara yangterkenal akan taburan bintang-bintang dari dunia Entertainnya yangkeren,ganteng-ganteng, dan cantik-cantik. Negri ginseng ini, lagi demam Boybanddan Girlband. yang paling terkenal itu, kayak Super Junior,sama Girlsgeneration/SNSD.
Eitss,, tapi kalau negara yang satu ini, bukan hanya tampang yang jadimodal, skill atau kemampuan pun turut jadi hal utama agar bisa menjadi artisKorea. kebanyakan mereka mengandalkan kerjasama antar tim management, dan jugamengandalkan skill mereka.
misal nih, dari dunia musik kayak 2PM dan 2AM dari agensi yang sama, merekadulu sebenarnya 1 Boyband yang sama yaitu One Day, yang beranggotakan 11 orang,namun dipecah belah menjadi 2 grup. 2PM terdiri dari 7 orang (namun sekarangtinggal 6 anggota. Salah satu personilnya mengundurkan diri.), yang mengutamakandance, sedangkan brothernya yang tersisa 4 orang, lebih menonjolkan kemampuanbernyanyi masuk di kelompok grup 2AM. mereka di pisah sesuai skill mereka.Sampai sekarang mereka saling mengimbangi. Nah, kalau dari dunia akting, pastinya,skill akting mereka dalam bermain drama atau film harus benar-benar di hayati.maka dari itu, kebanyakan K-drama itu sukses, ngebuat para penontonnya ada yangsampai nanggis(saya juga), hehe...
Tapi, untuk menjadi artis Korea itu tidak mudah. sebelum debut jadi artis,mereka harus menjalani masa Trainee atau masa pelatihan.
biasanya, dalam kurun waktu 2-7 tahun. Tapi itu tidak menjadi tolak ukur.biasanya, calon artis, yang memang berbakat, tidak perlu lama-lama trainee.mereka bisa langsung debut. Calon artis Korea berkisar dari umur 9 tahun-17tahun. Sepulang sekolah, mereka harus langsung latihan dan tidak bebaskemana-mana. Jika selama trainee, nilai raport di sekolah menurun, tidaktertutup kemungkinan mereka bisa gagal menjadi artis karena di keluarkan olehagensi mereka.
Jika sudah menjadi artis, gaji mereka lebih banyak mengalir ke agensimereka. itung-itung, buat bayar biaya kembali semasa trainee. karena, selamatrainee, segaala biaya ditanggung oleh pihak agency mereka.
Jaminan untuk debut sebagai artis pun, kecil. perbandingannya 1: 10.artinya, misal dalam 1 hari, ada yang diterima, di tempat lain sisanya di tolaksemua.
Ada 3 Agensi besar yang terkenal di industri musik Korea, yaitu :
1. SM Entertainment
2. JYP Entertainment
3. YG  Entertainment
Untuk artis Korea yang masih muda, atau masih unyu-unyunya nih, dsebut IDOL.

Perbedaannya dengan dunia Entertainment Indonesia :
- Di Indonesia, ada cewek cantik aja di pinggir jalan, besoknya udah jadiartis.
- Karena terkena demam K-Pop juga, berbondong-bondong bikin Boyband dangirlband. Hanya beberapa saja Boyband dan Girlband Indonesia, yang memang tidakhanya mengandalkan tampang saja, tapi juga skill, sederajat dengan Korea.sisanya,, mungkin cuma mengandalkan tampang doang.
-Artis Indonesia sekarang jarang yang ngandelin kemampuan. penyanyinya udahjarang yang bagus suaranya. yang penting tampang udah oke, soal nyanyi, bisalypsing.
-Artis di Indonesia, cari kepopuleran dengan cara, mencari sensasi ataumembuat topik gossip. mau itu positif atau negatif yang penting terkenal.

Ya, saya harap untuk ke depannya dunia Entertainment Indonesia bisa bangkitkembali, dan dapat benar-benar kembali mencetak artis yang betul-betul berbakatseperti Dunia Entertain Indonesia yang dulu tuh era-era 80-90an. artis-artisnyapada diakuin skillnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar